3 Sistem Antikorupsi Bisa Jadi Rujukan

Thu, 06 August 2020

Berita peluncuran CAC Indonesia di investor.id

 

JAKARTA, investor.id – Untuk menghadapi praktik korupsi di Indonesia yang tidak ada habisnya, ada 3 sistem AntiKorupsi yang dapat dijadikan rujukan dan dipilih sebagai standar penegakan kebijakan antikorupsi yang sesuai dilaksanakan dalam organisasi nya. Pembahasan antikorupsi ini mengemuka pada acara seminar daring (sedaring) yang digelar IICD bekerjasama dengan Center for International Private Enterprises (CIPE) dengan didukung oleh IDX, KNKG, AEI, Apindo, Kadin, dan IBL yang mengangkat tema “Understanding How to Prevent Corruption in New Reality”. Acara ini disiarkan Beritasatu TV, Rabu (15/7/2020).

Sedaring ini dibuka dengan sambutan dari Ketua Umum IICD, Sigit Pramono dan mengangkat 3 sistem Antikorupsi yang sedang popular di Indonesia, yaitu ISO 37001 yang dibawakan oleh Roni Maulana, Profesional Berintegritas KPK oleh Pahala Nainggolan serta yang paling baru adalah Sistem Antikorupsi Collective Action Coalition (CAC) Indonesia yang dibawakan oleh Andi Ilham Said, Ketua Task Force CAC Indonesia, serta Frank Brown & Gibson Haynes yang menginformasikan tentang sistem CAC yang sudah terlaksana dengan sukses di Thailand. Ada beberapa prinsip dalam Pengembangan Standar ISO yaitu;1.

Standar ISO merespons kebutuhan di pasar, 2. Standar ISO didasarkan pada pendapat ahli global, 3. Standar ISO dikembangkan melalui proses multi-pemangku kepentingan,4. Standar ISO didasarkan pada konsensus. ISO 37001 rilis di Indonesia tahun 2016 menjadi SNI ISO 37002 Sistem Manajemen Antipenyuapan diterjemahkan oleh Badan Standardisasi Nasional, ditegaskan oleh Roni Maulana, prakstisi ISO 37001. Pahala Nainggolan, Deputi Pencegahan KPK menyatakan bahwa jika pelaku korupsi dihitung berdasarkan jumlah orang di KPK, pelaku swasta menempati posisi paling banyak.

Tahun 2016 KPK mulai mengarahkan upaya pencegahan ke sektor swasta. 2016 awal KPK meluncurkan buku Panduan Cek untuk perusahaan memeriksakan diri pada buku itu sehingga bisa mengetahui di komponen mana harus diperbaiki. Panduan CEK dapat dijadikan sebagai sebagai self assess, sebelum masuk ke ISO. Profit (Profesional Berintegritas) merupakan sertifikasi thdp personal. Tahun 2017 disahkan kemenaker dan BNSP. Sudah 60 orang tersertifikasi dari beberapa perusahaan. Andi Ilham Said, Ketua Task Force CAC Indonesia menyatakan, CAC Thailand merupakan suatu sistim Aintikorupsi yang dapat diadopsi di Indonesia. “CAC merupakan Forum dari kita untuk kita. Sebagai platform bisnis untuk mempersatukan pihak-pihak yang berintegritas dalam menegakkan sistim Antikorupsi secara lebih mudah dan sederhana,” katanya. Koalisi CAC mengadopsi sistim yang sudah sukses di Thailand dan disesuaikan dengan kondisi di Indonesia. Frank Brown & Gibson Haynes menegaskan bahwa Pemberantasan korupsi perlu kerjasama antara sektor swasta dengan pemerintah dan sipil. CIPE dengan partner di Thailand sudah membuktikan  keberhasilan CAC di THAILAND , dan sampai saat ini sudah lebih dari 1000 perusahaan bergabung dangan CAC. Erry Riyana Hardjapamekas yang merupakan Ketua Advisory Committee CAC Indonesia yang bertindak sebagai moderator pada acara sedaring ini menutup diskusi ini dengan menyatakan bahwa pada dasarnya penegakan antikorupsi di Indonesia bukanlah suatu perjalanan yang singkat. “Ini menyangkut akhlak dan budaya, dan untuk memperbaiki akhlak dan budaya  bukan hanya pekerjaan KPK, Kejaksaan ataupun polisi saja, tapi merupakan tugas dari kita semua,” katanya. Menurut Erry Riyana Hardjapamekas dengan istilah “It takes two to tango” Birokrasi  digoda swasta ataupun sebaliknya, sehingga tugas koalisi CAC adalah menggalang pihak swasta untuk teguh menjalankan bisnis tanpa korupsi, dan menjaga konsistensi dan keberlanjutan agenda korupsi di Indonesia, bukan hanya pemerintah, tapi juga pihak swasta, masyarakat sipil, media, akademisi dan sebagainya.

“Mari Kita Wujutkan Indonesia yang bersih dari Korupsi dengan mulai memilih sistim Antikorupsi yang mudah, sederhana dan fleksibel sesuai dengan kebutuhan organisasi masing-masing,” kata Host acara, Vita Diani Satiadhi menutup acara. (gr) Editor : Gora Kunjana (gora_kunjana@investor.co.id) Sumber : Investor Daily

Artikel ini telah tayang di Investor.id dengan judul "3 Sistem Antikorupsi Bisa Jadi Rujukan"
https://investor.id/national/3-sistem-antikorupsi-bisa-jadi-rujukan

CAC Indonesia